Produsen Chemical Laundry | Jual pewangi landry, parfum laundry murah. Segera Bergabung Menjadi Mitra Kami Hanya 3 Juta Untuk Pembelian Pertama,Siap Melayani Order Partai besar, HEAD OFFICE.Jl. Imogiri Barat, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55185. Hp / WA . 082242036667 | PIN. 55A833A4
Foto:

Budidaya Buah Tin

Budidaya Buah Tin

Budidaya buah tin perlahan tapi pasti mulai menjadi primadona baru pecinta agribisnis herbalis di Indonesia. Budidaya buah Tin (Ficus carica) atau disebut juga Ara atau fig adalah salah satu peluang usaha baru yang belum banyak dikembangkan dan dimaksimalkan oleh khalayak petani Indonesia. Itulah sebabnya, masih banyak kesempatan terbuka lebar mengingat pemainnya masih sedikit.
Pohon Tin setelah diujicoba beberapa kali di Indonesia, rupanya bisa dibudidayakan di Indonesia. Sudah banyak pengusaha yang membudidayakan buah tin seperti di daerah Magelang, Jogja, Pati, Bogor, Bandung, Jakarta dan lain sebagainya. Bibit buah tin bisa didapat dari cangkokkan, anakan yang keluar dari fig dewasa maupun dari stek batang.
Kandungan yang terdapat dalam buah tin tak kalah hebatnya dengan buah apel dan jeruk. Disebutkan di suatu penelitian California Figs Nutritional Information, buah tin mengandung serat (dietary fiber) yang sangat tinggi. Setiap 100 gr buah tin kering terkandung 12,2 g serat sedangkan apel hanya mengandung 2 g dan jeruk 1,9 g.
Mengonsumsi buah tin atau ara secara teratur menurut para pakar kesehatan dapat membantu membersihkan racun di dalam tubuh, mencegah kanker kolon dan penyakit degeneratif lainnya. Disamping itu, buah tin juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat mengangkat senyawa karsinogen penyebab kanker.
Fig juga mengandung asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan bagi kesehatan. , seperti omega 3 dan omega 6. Buah fig rendah lemak, rendah sodium, rendah kalori dan bebas kolesterol sehingga sangat cocok dikonsumsi para penderita diabetes mellitus. Beragam vitamin dan mineral terkandung dalam buah tin dengan kandungan vitamin A sebanyak 9.76Iu, vitamin C 0,68 mg, 133,0 mg dan zat besi 3,07 mg
Kandungan nutrisi buah Tin atau Ara ini bisa mengurangi kolesterol jahat, menbuatkan jantung dan menormalkan pernafasan bagi penderita sesak nafas. Buah Fig yang sekeluarga dengan beringin ini ada banyak jenis, buahnya bisa warna hitam, kuning, abu abu ataupun hijau. Banyak pilihan dech pokoknya.
Sampai saat ini, masih sedikit yang membudidayakan buah tin. Pada hal pangsa pasarnya amat tinggi terutama bagi pemeluk Islam mengingat buah Tin diabadikan dalam kitab suci Qur’an surat At-Tin. Banyak tersirat rahasia dan makna di balik ayat tersebut dan wajar bila banyak pemeluk Islam utamanya yang tertarik memakan dan membudidayakan buah tin.  


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budidaya Buah Tin"

Posting Komentar